Etika Jualan Online

www.jualandiinstagram.wordpress.com

Etika jualan online adalah hal yang harus Anda perhatikan dengan seksama saat memutuskan untuk berkecimpung untuk menjual produk atau jasa lewat internet. Bila Anda pemula baca ini dulu detailnya >> Cara berjualan online bagi pemula

Dalam mempraktekan kode etika jualan online akan membantu bisnis Anda memenuhi kewajiban yang baik. Hal ini dapat membantu mendapatkan kepercayaan dan loyalitas dari pelanggan Anda dan memperkuat reputasi Anda. Disamping itu pastinya ada keberkahan disana karena berjalan sesuai koridor yang benar 🙂

Bahkan dalam hal dan bidang apapun Anda pasti juga tidak ingin melanggar “etika” yang telah digariskan. Di zaman sekolah misalnya di beberapa sekolah ada kode etik yang melarang siswi perempuan memakai rok di atas lutut dan melarang siswa laki-laki memakai tindik di hidung. Semua itu mengatur agar jalannya kegiatan belajar mengajar di sekolah sesuai norma yang berlaku.

Nah seperti itu juga hal yang berlaku di bisnis online, ada kode etika jualan online yang harus kita perhatikan. Tidak beretika namanya kalo melanggar kode etik. Terkadang pelaku atau pebisnis yang tidak beretika itu menyebalkan. Jadi berbisnislah dengan elegan. Disimak juga artikel ini >> Cara berjualan onlineetika jualan online

Sebenarnya hampir tidak ada standar baku atau tertulis mengenai etika jualan online. Tapi kita dapat merujuk terkait dengan timbulnya kerugian konsumen dalam transaksi elektronik terdapat ketentuan Pasal 28 ayat (1) UU ITE yang menyatakan:

“Setiap Orang dengan sengaja, dan tanpa hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik.”

Terhadap pelanggaran Pasal 28 ayat (1) UU ITE diancam pidana penjara paling lama enam tahun dan/atau denda paling banyak Rp1 miliar. So lebih bijaklah Anda menjalani bisnis Anda.

Di bawah ini beberapa etika jualan online yang sudah sepatutnya Anda jalani:

  • Info yang ditawarkan tidak bohong dan menyesatkan. Perhatikan bedanya antara kalimat pemanis dan kalimat menyesatkan.
  • Berikan pelanggan informasi yang akurat. Termasuk soal asal produk, jenis bahan baku, informasi pengiriman yang tepat, dan hal detail lainnya.
  • Pastikan keputusan pembelian oleh pelanggan didasarkan pada preferensi dan keinginan sadar mereka, bukan tekanan dan paksaan dari Anda.

www.jualandiinstagram.wordpress.com

  • Walaupun Anda tidak bertatap muka langsung, pelayanan Anda harus memuaskan konsumen, bersikaplah seolah calon pembeli ada di hadapan Anda. Selalu sabar, ramah, sabar dan terus konsisten dalam memberikan informasi ke calon pembeli. Kepuasan pelanggan adalah segalanya dan jalan Anda menuju sukses, oleh sebab itu jangan pernah mengecewakan konsumen. Mau jualan Anda laris? baca ini >> Cara berjualan online agar laris
  • Untuk mempermudah pembeli, cantumkan nomor rekening dari Bank yang mempunyai jejaring luas banyak dipakai oleh masyarakat. Mereka senang bila transfer sesama bank, karena ada biaya untuk transfer antar bank.
  • Dalam proses pengiriman. Kemasan dibuat menarik dan aman agar produk tidak mudah rusak. Pilih juga jasa kurir yang handal dan telah bereputasi baik sehingga konsumen tidak lama menunggu. Dan beri kepastian berapa lama pesanan tiba ke alamat yang dituju.
  • Bersaing di pasar online dengan membangun reputasi Anda sendiri, bukan dengan merusak reputasi pesaing. Dalam etika jualan online, dalam hal ini jangan pernah menjelek-jelekan pesaing Anda. Ingat Anda dalam dunia online, dimana bisa jadi hal itu menjadi kabar yang menyebar luas dan berdampak negatif pada bisnis milik Anda.

3 Hal yang harus diperhatikan di etika jualan online

Teknologi terbaru dan canggih akan terus mewarnai jagad dunia maya, walaupun demikian lazim rasanya bila etika jualan online terus Anda jalankan. Ini dia 3 hal yang harus Anda perhatikan:

1.Pengunaan sosial media yang bijak

Apapun yang Anda posting ke facebook, twitter, youtube, instagram harus bijak. Dalam arti dalam etika jualan online. Hindari men-tag orang dalam jumlah banyak atau spam di wall mereka. Percaya deh hal tersebut akan dianggap mengesalkan dan kurang elegan tentunya.

Lebih detail tentang sosmed, baca artikel ini!! >>> Cara berjualan online di instagram

etika jualan online

2. Hindari harga diskon yang telah di mark-up banyak. Pembeli akan merasa dibohongi ketika dia mengetahui bahwa info diskon yang katanya 20% ternyata adalah salah, karena harga awal telah dinaikan banyak baru dipotong diskon. Nama baik Anda bisa saja tercoreng karena etika jualan online ini.

3. Foto real dan sesuai dengan produk yang mereka terima agar menjadi jualan online paling laku. Anda pasti sering melihat kasus dimana produk yang diterima pembeli sangat jauh beda dengan display barang yang tidak sesuai etika jualan online.

Baru-baru ini heboh kasus pembeli online yang komplain karena produk gaun yang diterimanya tidak seperti foto display. Setelah ditelusuri bahwa foto display yang dipakai menggunakan foto dari selebritis yang nota bene mempunyai bentuk badan yang proporsional dan gaun rancangan ternama. Rupanya penjual mencoba membuat replika gaun tersebut, tapi hasilnya malah aneh dan jelek ketika dipakai pembeli.

Untuk itu Anda perlu berhati-hati memasang display foto, tidak mau juga kan dikomplain untuk masalah ini, info lengkap di Cara mudah berjualan online.

Setuju sekali bahwa etika jualan online harus Anda junjung tinggi demi lancarnya bisnis Anda. Terimakasih sudah menyimak. Sampai jumpa di postingan selanjutnya.

Salam 🙂

Iklan

12 thoughts on “Etika Jualan Online

  1. […] Facebook. Mr. Mark Zuckerberg sepertinya tidak pernah membayangkan bila aplikasi yang dia buat saat masih di bangku kuliah akan booming dan mainstream seperti sekarang. Gunakan fanspage atau halaman facebook produk Anda. lalu invite orang-orang yang memang segmented sesuai kegunaan produk yang Anda jual. Analoginya bila yang Anda jual adalah kerudung, maka segmented orang yang Anda invite adalah wanita, berjilbab, usia 16 tahun ke atas (karena biasanya di bawah 16 tahun belum menghasilkan uang, jadi tidak bebas membeli barang-barang sendiri).Artikel terkait >> Etika jualan online […]

    Suka

  2. […] Tapi kreasikan tweet berbeda di setiap waktunya, biasanya follower tidak menyukai membaca tweet yang sama secara terus menerus. Dan selalu sisipkan penggunaan emoji di tweet Anda, follower suka emoji karena seolah tweetnya “bernyawa” dan mengesankan sisi manusianya, itu salah satunya sebagai tips jualan online via twitter sebagai etika jualan online. […]

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s